Font Mesin Ketik

Jaman dulu, mesin ketik atau biasanya disebut mesin tik adalah alat elektronik yang memudahkan pekerjaan manusia untuk mencetak tulisan pada dokumen kertas.

Tombol mesin ketik manual apabila ditekan akan mengeluarkan huruf-huruf bernama font. Model tulisan font mesin ketik ini

Dalam membuat resume, memilih font mesin ketik adalah hal yang bisa dikatakan cukup penting. Ya, keterbacaan resume yang Anda buat akan memberikan kesan pertama kepada HRD perusahaan sebelum Anda melakukan sebuah wawancara kerja. Tentu, meskipun tidak mutlak, kesan pertama tersebut bisa jadi akan memberikan efek psikologis pada petugas yang akan mewawancarai Anda.

Nah, berbincang tentang font, Anda akan menemukan cukup banyak variasi font mesin ketik di word yang bisa dijadikan opsi. Tentu, setiap font memiliki karakter yang cukup berbeda-beda dan tentu saja memberikan kesan yang berbeda pula.

Memang, adanya banyak pilihan font akan membuat Anda lebih mudah untuk memilih font yang diinginkan. Namun, tentu saja Anda harus selektif untuk memilih font tersebut agar sesuai dengan aturan yang digunakan. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa jenis font mesin ketik yang bisa Anda gunakan. Apa saja? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Memilih Font Mesin Ketik yang Tepat

Sebelum memilih atau mungkin download font mesin ketik yang tepat untuk membuat resume sebagaimana yang Anda inginkan, maka ada beberapa pertimbangan yang harus digunakan. Pertimbangan ini tentu akan membantu Anda memilih mana font yang sesuai untuk dipakai.

Adapun beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih font dengan bentuk huruf yang cenderung sederhana dan cenderung formal karena resume sendiri merupakan bentuk dokumen yang formal. Font yang sederhana juga akan membuat tulisan dalam resume cenderung lebih mudah dibaca
  • Pertimbangkan ketebalan font yang digunakan. Beberapa font memiliki ketebalan yang lebih meskipun Anda tidak menggunakan fitur bold. Jenis font inilah yang sebaiknya tidak digunakan .

Minimal, dua pertimbangan di atas harus dijadikan acuan untuk memilih font mesin ketik yang Anda gunakan. Ingat, resume bukan paper desain di mana Anda harus memilih font yang unik dan aneh untuk digunakan.

Pilihan Font Mesin Ketik Untuk Resume

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak font mesin ketik di Microsoft Word yang tersedia dan bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda termasuk membuat resume. Nah, untuk resume, ada beberapa font yang cocok untuk digunakan, yaitu:

Garamond adalah salah satu jenis font yang bisa Anda gunakan –dan memang font ini umum diaplikasikan untuk membuat resume. Jika dilihat sekilas, font ini memiliki detail yang mirip dengan Times New Roman, namun cenderung lebih modern. Ada kesan klasik pada font Garamond dan dengan tampilan yang elegan, tulisan di dalam resume Anda akan cenderung lebih mudah dibaca.

Tidak hanya itu, jika Anda menemukan kesulitan untuk menghemat space dan memadatkan tulisan dalam resume, Garamond juga bisa membantu Anda. Ukuran dasar font yang cenderung ramping membuat tulisan dengan font Garamond akan cenderung lebih rapi dan tidak memakan space.

  • Gill Sans

Gills Sans termasuk salah satu font mesin ketik jadul yang masih sering digunakan hingga saat ini. Dari berbagai sumber didapatkan informasi bahwa font ini sudah diciptakan di Inggris sejak tahun 1920 yang menjadikannya sebagai salah satu font klasik yang paling tua.

Font ini memiliki bentuk yang cukup rapi dengan keteraturan yang luar biasa. Detail huruf tidak terlalu gemuk untuk pembuatan resume sehingga resume Anda pun akan memiliki tingkat keterbacaan yang baik.

  • Cambria

Opsi lain dari font yang cocok untuk membuat resume adalah Cambria. Jika Anda ingin membuat resume dengan efek tulisan yang lebih tegas dan jelas, maka Cambria adalah font yang tepat untuk digunakan. Cambria termasuk salah satu jenis font serif, selain Candara, Consolas, Corbel, dan lainnya.

Ada persamaan antara Cambria dan font mesin ketik manual terutama pada ketegasan bentuk tulisannya. Hal ini mungkin yang menjadikan font ini masih digemari oleh orang-orang yang ingin membuat resume. Namun, tentu saja, Cambria memiliki kesan yang lebih modern. Bahkan, font ini dijuluki sebagai Times New Roman versi baru.

  • Calibri

Siapa yang tidak pernah mengetik menggunakan font ini? Calibri adalah salah satu jenis font yang paling banyak dikenal. Jenis font ini merupakan model standard dari Microsoft Word sejak versi aplikasi 2007. Oleh karena itu, ketika Anda membuka Microsoft Word, secara default font yang digunakan adalah Calibri.

Selain itu, ada keuntungan lain menggunakan Calibri untuk membuat resume. Jika Anda ingin membuat resume yang ideal dan tidak terlalu panjang, maka Calibri memberikan perhitungan yang menarik. Anda bisa membuat resume sebanyak 500 hingga 750 kata untuk ukuran resume ideal dengan font Calibri berukuran 12pt.

  • Constantia

Cukup banyak kalangan yang mengatakan bahwa Constantia merupakan salah satu font yang mirip dengan font mesin ketik TTF. Perlu diketahui font jenis ini termasuk font yang memberikan bentuk huruf yang jelas dan cenderung bundar. Dengan dasaran bentuk huruf tersebut, tentu saja Constantia akan memberikan kesan tulisan yang ramah dan jelas.

Tidak hanya itu, Constantia termasuk jenis font serif. Namun, uniknya, detail Constantia tidak terlalu kaku jika dibandingkan dengan jenis font serif lainnya –di mana beberapa memiliki sifat dan kesamaan yang cukup kentara dengan font mesin ketik lama.

  • Lato

Satu lagi font yang direkomendasikan untuk digunakan saat hendak membuat resume adalah Lato. Beberapa dari Anda mungkin masih awam dan belum pernah mendengar jenis font yang satu ini. Lato adalah jenis font sans-serif yang sangat menarik dengan kesan yang netral di bagian body copy. Namun, font ini memiliki keunikan terutama pada ukuran huruf yang cenderung lebih besar.

Selain itu, font ini juga tersedia dalam beberapa opsi yang berbeda, baik dari gaya dan detail lain. Namun, font ini kurang ramah jika Anda ingin menggunakannya dengan ukuran yang kecil dimana akan membuat tulisan cenderung lebih susah untuk dibaca. Jika program Anda belum memiliki font ini, Anda bisa mengunduh Lato secara gratis di Google Fonts.

Mendapatkan Font yang Tepat

Adanya banyak opsi font yang bisa digunakan untuk membuat resume tentu akan memberikan kebebasan bagi Anda untuk memilih. Secara singkat, Anda bisa memilih font yang tersedia secara default di aplikasi Microsoft Word yang Anda gunakan.

Namun, Anda bisa saja download font mesin ketik untuk word jika ingin menggunakan font lain yang berbeda dan tidak ada secara default. Ada cukup banyak cara untuk mengunduh font yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan mencari font mesin ketik da-font di situs yang mereka sediakan.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang beragam jenis font mesin ketik yang cenderung cocok untuk membantu Anda membuat resume yang tepat. Perlu diingat, pemilihan font bisa mempengaruhi hasil resume yang Anda buat dan bisa saja akan memberikan kesan yang berbeda saat proses wawancara berlangsung.

Tinggalkan komentar