Font Plat Nomor

Plat nomor kendaraan adalah sesuatu yang sangat sulit dipalsukan, karena Samsat menggunakan plat untuk memantau pengendara. Anda bisa menggunakan font plat nomor yang diunduh online untuk membuat plat nomor sendiri.

Apakah kita bisa membuat plat nomor sendiri? Jawabannya adalah bisa, akan tetapi harus sesuai ketentuan pemerintah. Jadi, menggunakan font plat nomor kendaraan yang resmi bisa jadi pilihan.

Ketentuan Memasang Plat Nomor Sesuai Aturan Pemerintah

Tentu saja untuk bisa melakukan modifikasi atau pembuatan sendiri plat nomor, Anda harus tahu ketentuannya. Berikut ini ketentuan pemerintah terkait pemasangan plat nomor kendaraaan :

  1. Ukuran font untuk sepeda motor yaitu 45 milimeter. Sedangkan ukuran font plat nomor mobil adalah 70 milimeter.
  2. Plat nomor harus menggunakan warna dasar hitam, dengan font berwarna putih untuk kendaraan pribadi. Sedangkan warna dasar lain untuk kendaraan bukan pribadi.
  3. Ketentuan rangkaian angka dan huruf harus menggunakan rangkaian nomor yang didapatkan dari Samsat.
  4. Plat harus berbentuk segiempat, terbuat dari lempengan besi tahan cuaca, serta berukuran 250 mm x 105 mm untuk motor. Sedangkan untuk mobil berukuran 395 mm x 135 mm.

Siapa Yang Membutuhkan Pembuatan Plat Nomor Sendiri?

“Kan sudah bisa buat di Samsat?” Mungkin Anda pernah menjumpai pertanyaan seperti itu. Ya memang benar jika pembuatan plat nomor sebaiknya dilakukan di kantor kepolisian.

Tetapi ada orang yang berpikir lebih baik membuat plat nomor sendiri seperti di pinggir jalan. Alasannya adalah karena lebih murah, mudah, dan tidak perlu mengurus surat kehilangan plat (jika hilang).

Ada juga segelintir orang yang membuat plat nomor sendiri (dengan nomor seri dari Samsat) dengan alasan platnya sudah rusak. Selain itu ada juga yang menggunakan alasan “gaya” untuk hal ini.

Download Font Plat Nomor di Internet, Bisakah?

Anda memang bisa melakukan download tulisan plat motor keren di internet, terutama situs-situs download font plat nomor resmi. Namun Anda harus berhati-hati, karena Samsat sendiri sangat teliti.

Dalam artian, mereka tidak menggunakan font biasa seperti yang kita gunakan untuk mengetik naskah di komputer. Mereka menggunakan plat nomor tersendiri untuk berbagai jenis kendaraan.

Aturan tersebut bahkan dibedakan berdasarkan wilayah Anda berada di negara Indonesia. Namun jangan khawatir, seiring perkembangan zaman, Anda semakin bisa download font plat nomor polisi secara online.

Tips Membuat Plat Nomor Sendiri

Jika Anda ingin membuat plat nomor sendiri, berbagai langkah berikut bisa Anda ikuti. Berikut ini diantaranya :

  1. Potong lempengan besi sesuai dengan ukuran plat motor atau mobil standar.
  2. Cetak nomor seri plat nomor Anda melalui komputer menggunakan font plat nomor kendaraan yang sudah Anda unduh. Pastikan nomor seri tersebut tidak salah, karena akan berbahaya bagi Anda.
  3. Tempelkan kertas berisi huruf dan angka plat tersebut di atas kuningan pencetak plat nomor.
  4. Potong sesuai dengan alur kertas yang Anda tempelkan tadi.
  5. Tinggal amplas kuningan yang telah dipotong di atas lempengan besi plat kendaraan Anda.
  6. Jangan lupa untuk merekatkan nomor seri menggunakan selotip bening pada lempengan besi plat.
  7. Pukul plat besi menggunakan kayu hingga huruf menjadi timbul.
  8. Langkah terakhir, Anda bisa mengecat plat nomor sesuai dengan warna standar yang ditetapkan Samsat.

Itulah cara membuat plat nomor menggunakan font plat nomor resmi yang didapat dari internet. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir harus ke Samsat jika plat nomor rusak atau hilang.

Tinggalkan komentar