Font Struk SPBU

Pada sebuah struk pasti terdiri dari berbagai tulisan yang berisi tentang besaran jumlah pembelian barang tertentu, mulai dari nota SPBU, penarikan ATM, hingga pembayaran barang. Perlu diketahui bahwa font yang digunakan pada struk berbeda-beda. Khususnya font struk SPBU Pertamina. Namun meski karakternya berbeda, font yang digunakan tetap satu jenis.

Jenis Font Struk SPBU
Struk spbu dicek dengan menggunakan printer khusus kasir. Sehingga font yang digunakan adalah khusus untuk print nota bensin. Ada beberapa jenis font struk SPBU pertamina yang sering digunakan. Masing-masing font nota SPBU memiliki karakter yang berbeda-beda.

1. Font 8-Pin Matrix

Font struk SPBU Pertamina yang biasa digunakan adalah 8-pin matrix. Bila dilihat dari huruf struk spbu, font ini memiliki kemiripan dengan printer dot matrix versi lama. Meski demikian, font 8-pin matrix ini memiliki karakter yang mudah dibaca.
Sayangnya jenis font pada nota SPBU, memiliki penulisan yang kurang terang, sehingga susah untuk dibaca oleh orang yang berumur.

2. Merchant Copy Font

Merchant copy font terdiri dari tiga jenis di dalamnya. Mulai dari merchant copy wide, merchant copy, dan merchant copy double size. Jenis font merchant copy ini memiliki sifat yang mudah dibaca oleh semua kalangan usia dan penulisan karakternya terang.
Maka dari itu, tidak heran bila jenis font merchant copy ini sering ditemui pada struk SPBU, nota pembelanjaan, dan struk ATM.

3. Fake Receipt Font

Pada tahun 1999 fake receipt font dibuat dengan menggunakan mesin kasir kuno. Jenis font nota SPBU ini memiliki berbagai macam pilihan bahasa yang berhubungan dengan ordinal numerik dan juga pecahan. Fake receipt tergolong dalam jenis font struk SPBU gratis. Hal ini karena font fake receipt memiliki lisensi khusus, agar masyarakat bisa download secara gratis.

4. Font Dot Matrix

Font dot matrix SPBU seringkali digunakan untuk mencetak berbagai macam struk. Mulai dari struk pembelian bensin, nota supermarket, hingga bukti penarikan ATM. Bila Anda ingin menggunakan dot matrix untuk mencetak struk, usahakan pilih ukuran font lebih dari 12. Hal ini bertujuan agar struk yang Anda cetak tersebut dapat terbaca dengan jelas oleh orang lain.

5. BM Receipt Font

Font struk SPBU yang bernama BM receipt, hampir sama dengan jenis 8-pin matrix. Hal ini terlihat dari karakter dan juga jenis huruf struk spbu yang terdiri dari titik-titik. Bila Anda ingin menggunakan jenis font BM receipt ini, usahakan menggunakan minimal ukuran 12 agar mudah dibaca. Hal ini karena jenis font BM receipt ini memiliki penulisan yang kurang terang.

6. Font Receiptional

Font receiptional sering digunakan dalam mencetak nota bensin manual, struk supermarket, dan juga apotek. Bila dilihat dari jenis huruf dan karakternya, font receiptional ini biasa dicetak dengan printer manual zaman dulu. Meski demikian, penulisan yang menggunakan font nota bensin manual ini dapat dibaca dengan mudah. Hal ini karena penulisan setiap hurufnya terang.

7. Font Telidon HV Regular

Font telidon HV regular hampir mirip dengan jenis receiptional. Banyak masyarakat yang menyebut telidon HV regular ini sebagai jenis font spbu. Hal ini karena jenis font tersebut seringkali ditemui dalam struk pembelian bensin. Bila Anda ingin menggunakan jenis telidon HV regular ini, bisa download dari internet secara gratis.
Font struk SPBU terdiri dari tujuh jenis. Masing-masing jenis font untuk struk spbu memiliki karakter dan huruf yang berbeda. Uniknya ada beberapa jenis font yang tidak hanya digunakan dalam mencetak struk SPBU saja, melainkan juga dipakai untuk nota pembelian barang dan bukti penarikan uang di ATM.

Tinggalkan komentar