Perbedaan Iklan, Slogan dan Poster

Iklan, slogan dan poster memang menjadi tiga hal yang kerap ditemukan dalam dunia informasi. Ketiganya memiliki peran yang bisa dikatakan cukup mirip. Namun, tentu saja ada perbedaan iklan, slogan dan poster yang cukup mendasar dan harus diketahui. Pengetahuan tentang apa perbedaan iklan slogan dan poster menjadi penting untuk bisa membuatnya dengan benar.

Namun, kemiripan tentang ketiganya memang terkadang membuat seseorang tidak bisa membedakan mana detail iklan, slogan dan poster. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam perbedaan antara iklan, slogan dan poster untuk tambahan pengetahuan.

Lantas, apa saja perbedaan diantara ketiganya? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Pengertian Iklan, Slogan dan Poster

Untuk bisa memahami perbedaan iklan, slogan dan poster, tentu saja pemahaman pada pengertian ketiganya menjadi hal paling awal untuk diketahui. Dari pengertian, nantinya akan ditemukan di mana letak perbedaan antara iklan, slogan dan poster dengan jelas.

Nah, pengertian ketiganya adalah sebagai berikut:

  • Pengertian Iklan

Dalam pengertiannya, iklan merupakan bagian dari sebuah industri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa iklan adalah sebuah pesan atau berita yang dibuat sedemikian rupa guna mendorong atau membujuk masyarakat agar tertarik dengan berbagai jenis jasa dan produk yang ditawarkan.

Iklan nantinya bisa disampaikan melalui beragam media massa. Beberapa media massa yang umum digunakan untuk menyebarkan iklan adalah televisi, surat kabar, majalah, siaran radio, ataupun dengan media print lain yang ditempel di tempat umum. Tentu, jenis media yang digunakan nantinya akan mempengaruhi jenis iklan yang dibuat.

  • Pengertian Slogan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang sedemikian rupa sehingga menarik, mencolok, dan mudah diingat. Slogan dibuat untuk memberitahukan sesuatu, menjelaskan tujuan dari ideologi suatu kelompok dan golongan, dan lainnya.

Dalam pengertian lainnya, slogan memiliki sifat yang cenderung persuasif. Dengan sifat inilah slogan bisa digunakan untuk mengajak masyarakat guna melakukan apa yang dituliskan di dalamnya.

Untuk penyampaiannya, slogan bisa disampaikan melalui lisan ataupun perantara tulisan. Secara lisan, slogan disampaikan kepada khalayak banyak dan bisa menjadi bagian dari pidato atau semisalnya. Sedangkan melalui tulisan, slogan bisa ditulis di dinding dengan tulisan grafiti, menggunakan media baliho, dan lainnya.

  • Pengertian Poster

Dalam pengertiannya, poster merupakan sebuah media publikasi yang berisi teks, gambar atau gabungan keduanya. Poster dibuat dengan beberapa tujuan, yaitu menawarkan penawaran, memberikan pemberitahuan, gagasan, ide, pengumuman, dan lainnya kepada khalayak ramai.

Umumnya, poster dibuat dengan detail yang menarik dan bahasa yang lugas serta singkat. Detail inilah yang nantinya menjadi sumber dari ketertarikan pembaca kepada isi poster yang disampaikan.

Selain itu, biasanya, poster akan dicetak dengan ukuran yang berbeda-beda. Namun, seiring dengan perkembangan dunia digital yang sangat masif, poster digital mulai dikenal dan banyak digunakan oleh berbagai pihak.

Bisa dilihat adanya beberapa perbedaan iklan, slogan dan poster dari pengertian di atas. Memang, secara umum, ketiganya memiliki irisan dalam pengertiannya. Hal inilah yang membuat ketiganya memiliki kemiripan dan menjadi sedikit lebih susah untuk dibedakan secara jelas dan terang benderang.

Namun, jika dilihat lebih dekat, maka ada perbedaan yang mendasar. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari bahasa dan kalimat yang digunakan, serta peruntukannya secara khusus.

Perbedaan Iklan, Slogan Dan Poster Berdasarkan Fungsi

Untuk mengetahui perbedaan iklan, slogan dan poster, Anda bisa melihat fungsi dari masing-masing. Ya, dengan melihat fungsi baik iklan, slogan, dan poster maka akan terlihat di sisi mana adanya perbedaan tersebut.

Adapun fungsi masing-masing dari iklan, slogan, dan poster adalah sebagai berikut:

Fungsi Iklan

Iklan memiliki beberapa fungsi mendasar yang sangat penting, terutama yang berkaitan dengan pemasaran produk dan jasa. Adapun fungsi dari iklan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Menyajikan informasi dari produk dan jasa yang dimiliki. Dengan membuat iklan, maka detail produk dan jasa bisa diketahui oleh target konsumen. Tentu saja, detail tersebut yang akan menjadi alasan ketertarikan seseorang
  • Membujuk orang lain untuk memberikan respons yang baik pada suatu produk dan jasa yang ditawarkan oleh seseorang atau perusahaan
  • Memberikan peringatan kepada masyarakat, calon pembaca, dan lainnya terutama tentang pesan yang penting. Fungsi ini ditemukan pada beragam jenis layanan masyarakat –di mana sebenarnya poster juga termasuk di dalamnya
  • Memberikan nilai tambah pada produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan menggunakan iklan, maka akan tampak kelebihan dari produk atau jasa tersebut sehingga orang lain akan cenderung tertarik untuk mendapatkannya.

Fungsi Slogan

Slogan memiliki beberapa fungsi yang umumnya mirip dengan iklan, namun slogan tidak fokus pada pemasaran suatu produk ataupun jasa. Adapun beberapa fungsi mendasar slogan adalah:

  • Memberikan informasi kepada masyarakat dengan bahasa yang singkat, ringkas, dan terkadang menggunakan kalimat konotatif
  • Menyampaikan sebuah himbauan kepada masyarakat dengan bahasa yang lugas dan cenderung mudah dipahami
  • Memberikan suatu motivasi dengan bahasa yang unik agar mudah dipahami oleh masyarakat
  • Membujuk masyarakat untuk mengikuti suatu perintah dan detail lain yang dituliskan pada slogan.

Fungsi Poster

Poster memiliki fungsi untuk menyampaikan sesuatu. Cakupan poster cenderung lebih umum dan tidak harus tentang suatu produk ataupun jasa sebagaimana iklan. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam poster juga cenderung lebih panjang dan bervariasi jika dibandingkan dengan slogan.

Adapun fungsi dari poster adalah sebagai berikut:

  • Menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat sehingga nantinya masyarakat akan mengetahui isi dari poster secara detail
  • Mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik terkait pesan atau informasi yang tertera pada poster
  • Sarana kreativitas bagi para desainer
  • Menyampaikan informasi tentang acara atau hal lainnya dengan cara yang lebih unik agar ketertarikan orang lain meningkat.

Tentu saja, selain beberapa fungsi dari masing-masing iklan, slogan dan poster sebagaimana di atas, ada banyak fungsi lainnya. Namun, dari poin demi poin di atas, maka ada beda iklan slogan dan poster yang bisa dipahami.

Fungsi iklan cenderung digunakan untuk mempromosikan baik produk dan jasa, sedangkan slogan cenderung memiliki tulisan sekali baca dengan bahasa yang singkat dan unik. Di sisi lain poster menampilkan informasi yang cukup lengkap, menarik dengan tambahan gambar dan detail lain, serta bisa digunakan untuk cakupan yang lebih luas daripada iklan.

Perbedaan Iklan, Slogan dan Poster Dari Jenisnya

Untuk mencari perbedaan iklan, slogan dan poster, maka hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan melihat dari jenis-jenisnya. Masing-masing iklan, slogan, dan poster memiliki beberapa jenis yang tentu cukup bervariasi dan berbeda satu sama lain.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa ulasan di bawah ini:

Jenis Iklan

Iklan hadir dengan beberapa jenis yang berbeda. Tentu saja, masing-masing jenis iklan memiliki detail yang berbeda, termasuk fokus pada tujuannya. Adapun beberapa jenis iklan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Iklan advertorial, yaitu iklan yang umumnya bisa dilihat di berbagai media yang berbeda. Iklan ini umumnya berupa berita yang dibuat dengan bahasa-bahasa yang terkesan jurnalistik
  • Iklan display, yaitu iklan yang menggunakan gambar dengan komposisi yang lebih besar daripada penggunaan teks. Umumnya, iklan ini digunakan untuk menonjolkan detail dari produk yang hendak ditawarkan
  • Iklan elektronik, yaitu iklan yang tampil di berbagai media elektronik. Iklan ini bisa berupa tampilan sebagaimana iklan di televisi, ataupun berupa suara yang hadir di radio
  • Iklan perusahaan, yaitu iklan yang dikenal dengan istilah corporate advertising. Iklan ini memiliki fungsi yang cukup berguna untuk memberikan citra yang baik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Jenis Slogan

Slogan juga memiliki beberapa jenis yang nantinya bisa dijadikan aspek untuk mencari perbedaan iklan, slogan dan poster. Adanya beberapa jenis slogan nantinya juga akan membantu seseorang untuk membuat slogan yang tepat sesuai dengan tujuan yang ia ingin dapatkan.

Adapun beberapa jenis slogan yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

  • Slogan pendidikan, yaitu slogan yang berfungsi untuk menyampaikan gagasan, motivasi, dan ajakan lainnya yang ada dalam dunia pendidikan
  • Slogan kesehatan, yaitu slogan yang berfungsi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan dunia kesehatan
  • Slogan lingkungan, yaitu slogan yang dibuat untuk mengampanyekan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan, terutama untuk perbaikan pada kondisi lingkungan yang sudah rusak
  • Slogan kebersihan, yaitu slogan yang berisi tentang ajakan untuk pengelolaan kebersihan lingkungan yang lebih baik
  • Slogan produk, yaitu slogan yang berfungsi seperti iklan. Slogan ini dibuat untuk mempromosikan suatu produk, namun hanya dengan bahasa yang singkat. Umumnya, slogan dibuat untuk mendukung iklan utama.

Jenis Poster

Poster juga memiliki beberapa jenis dengan tujuan yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenis poster yang ditinjau dari tujuan kenapa lembaran ini dibuat adalah sebagai berikut:

  • Poster propaganda, yaitu poster yang dibuat guna memberikan suatu pemahaman yang baru, motivasi, semangat kerja atau hal lainnya yang sifatnya bermanfaat untuk masyarakat, seperti ajakan membuang sampah pada tempatnya dan lainnya
  • Poster kampanye, yaitu poster yang sengaja dibuat untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat. Salah satu contoh poster ini adalah ketika kampanye pemilihan kepala daerah
  • Poster komersial, yaitu poster yang dibuat untuk tujuan komersial atau mempromosikan produk dan jasa. Jenis poster ini mirip dengan iklan meskipun memiliki detail yang berbeda
  • Poster afirmasi, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan tambahan motivasi kepada publik. Umumnya, poster ini akan mengandung kata-kata yang bersifat persuasif atau bisa mempengaruhi
  • Poster film, yaitu poster yang dibuat untuk mempromosikan film yang baru keluar atau hendak ditayangkan di bioskop.

Selain beberapa jenis iklan, slogan, dan poster di atas, sebenarnya masing-masing masih memiliki jenis yang berbeda jika ditinjau dari sisi yang berbeda pula, termasuk perbedaan iklan slogan dan poster berdasarkan sarana penyampaiannya. Namun, dari beberapa poin di atas bisa ditemukan adanya irisan tentang perbedaan iklan, slogan dan poster yang semakin jelas.

Tips Membuat Iklan, Slogan dan Poster

Meskipun ada beberapa hal yang mendasari perbedaan iklan, slogan dan poster. Tentu saja, perintah untuk jelaskan perbedaan iklan slogan dan poster bisa ditangani dengan baik. Namun, ketiganya memiliki sisi yang sama, yaitu berfungsi untuk menyampaikan sesuatu. Oleh karenanya, sebelum membuat iklan, slogan dan poster, ada beberapa tips umum yang harus Anda perhatikan.

Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan bahasa yang digunakan dengan mempertimbangkan objek yang hendak dituju
  • Gunakan kalimat yang cenderung persuasif agar pembaca bisa terpengaruh pada detail tulisan yang dibuat
  • Perhatikan desain karena desain akan menjadi salah satu daya tarik pada iklan, slogan dan poster.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang perbedaan iklan, slogan dan poster yang perlu Anda pahami untuk tambahan pengetahuan. Selain itu, ada baiknya jika beragam poin di atas Anda masukkan pada perbedaan iklan slogan dan poster dalam bentuk tabel sehingga detail perbedaan bisa diketahui dengan lebih mudah.

Tinggalkan komentar