Ukuran Umbul-Umbul

Standar ukuran umbul umbul merupakan faktor penting dalam efektivitas dan efisiensi event. Namun, tidak hanya ukuran, pemilihan desain dan warna pun memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan sebuah promosi.

Dalam konsep branding, umbul-umbul dapat dijadikan alat representasi simbol dari merek atau produk. Pesan “kami hadir disini untuk Anda” dapat disampaikan secara tidak langsung dengan media promosi ini.

Pada dunia marketing pun umbul-umbul dikenal sebagai psychological triggered untuk targeted buyer. Strategi ini dipakai untuk mempengaruhi persepsi dan alam pikir konsumen untuk mengingat dan call-to-action.

Oleh karena itu, pemilihan jenis dan ukuran umbul-umbul bukanlah persoalan yang bisa diremehkan. Tersampaikan atau tidaknya pesan dari merek atau brand dalam media promosi akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan.

Umbul-Umbul Standar Event di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan sebutan “best place for party” oleh para turis mancanegara. Ada puluhan ribu event yang digelar di Indonesia setiap tahunnya, baik dengan skala lokal, nasional, maupun internasional.

Tentu saja ini merangsang industri kreatif untuk terus mengembangkan jenis dan ukuran umbul-umbul untuk event, majelis, organisasi, bendera, dan lain sebagainya.

Namun, bukan berarti Indonesia tidak memiliki pattern atau standar khusus untuk media promosi ini.

Secara umum, alat promosi dan perayaan dapat dibagi menjadi dua, yakni formal dan informal. Keduanya memiliki fungsi sama, tetapi tujuannya berbeda. Sebagai berikut:

  • Standar umbul-umbul formal

    Apakah Anda pernah memperhatikan umbul-umbul pada kampanye politik atau event kenegaraan lain? Ya, kaku dan membosankan, bukan?! Hal ini disebabkan oleh standar yang ditetapkan oleh penyelenggara.

    Dalam event politik yang digelar oleh KPU misalnya, setiap media promosi atau kampanye harus didaftarkan dan disetujui oleh panitia sebelum boleh dipasang di ruang publik.

    Anda tidak bisa membuat desain dan ukuran media sesuka hati, sebab hal tersebut akan berujung pada pelanggaran dan sanksi. Termasuk dalam pemilihan simbol serta kalimat.

  • Standar umbul-umbul informal

    Jauh berbeda dengan event formal, umbul-umbul informal memiliki desain yang jauh lebih humble dan cair. Bahkan penggunaan kalimat provokatif pada copywriting media pun tidak akan menjadi masalah.

    Tidak ada standar khusus pada umbul-umbul informal, baik pada ukuran atau desain. Sebab, tujuannya jelas, yakni memberikan persepsi visual pada alam bawah sadar konsumen.

    Namun, pemilihan ukuran umbul-umbul tidak boleh sembarangan. Sebab, semua media promosi harus menyesuaikan dengan jenis, tujuan serta lokasi event.

Jenis Umbul-Umbul Terbaik untuk Event

Sekadar mengingatkan, umbul-umbul berbeda dengan spanduk, that’s the point. Anda akan membutuhkan media tiang yang sesuai dengan ukuran umbul umbul standar, sedangkan spanduk tidak.

Untuk itu, Anda harus memastikan media atau tiangnya tersedia terlebih dahulu sebelum memesan dan mencetak umbul-umbul.

Berikut ini pilihan ukuran umbul umbul event yang banyak digunakan di Indonesia.

  • Umbul-umbul 400×90 cm

    Ini adalah standar ukuran umbul-umbul kain yang biasa digunakan untuk bendera saat event. Karena ukurannya yang besar, umumnya jenis tiang digunakan adalah batang bambu.

  • Umbul-umbul 120×80 cm

    Ukuran umbul-umbul kecil, simple, compact, tapi eye-catching. Inilah karakteristik umbul-umbul promosi yang umumnya berukuran 120 x 80 cm. Anda akan menemukan jenis ini di berbagai event, baik pameran maupun konser.

  • Umbul-umbul 100×200 cm

    Ini adalah umbul-umbul yang multifungsi, Anda bisa memakainya untuk berbagai jenis event, baik formal maupun informal. Umbul-umbul jenis ini juga banyak dipakai dalam event kenegaraan.

Demikian beberapa informasi tentang jenis, dan ukuran umbul umbul standar yang sekiranya bisa Anda pakai sebagai referensi. Dan­­­­ jangan lupa, pastikan juga memilih media yang tepat untuk desain umbul-umbulnya.

Tinggalkan komentar